Welcome to Staf Perencanaan Satuan I Gegana, Jalan Komjen M Jasin Kelapadua Depok 16451 Contact (021) 8712666 Email rengegana@gmail.com

Wednesday 13 May 2015

Kegiatan Perencanaan

Banyak yang bertanya sebenarnya Staf Perencanaan itu kerjanya apa sih.? Apa ngurusi anggaran aja atau malah gak ngurusin apa-apa, cuma bengong, main game dikantor, atau nonton sinetron atau gosip di TV sambil habisin waktu sampai sore terus pulang.?
Ada pula yang bertanya orang Perencanaan itu bisa apa sih.? pernah penugasan gak mereka.? kelihatan enak dan nyaman, ruangan ber-AC, beda dibandingkan dengan pasukan yang tiap hari berjemur matahari..
Atau masih banyak pertanyaan yang masih mengganjal yang belum diutarakan.?
Yap..saatnya kita buka-bukaan tentang Staf Perencanaan
Apa sih perencanaan, secara global fungsi perencanaan itu adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.
Nah..gimana.? Mumet.? itu baru artinya secara global, bagaimana dengan secara detilnya.? Hal ini telah diatur dalam Peraturan Kepala Korps Brimob Polri tentang Job Description di Lingkungan Korps Brimob Polri dengan garis besar Staf Perencanaan adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf yang berada di bawah Kepala Satuan I Gegana bertugas menyelenggarakan fungsi perencanaan umum dan anggaran, menyiapkan perencanaan kebijakan teknis dan strategi Satuan I Gegana, menyelenggarakan pembinaan sistem organisasi dan manajemen serta tata laksana di lingkungan Satuan I Gegana. 
Admin masuk ke fungsi Perencanaan sejak tahun 2008 saat pertama kali draft Perkap 21 akan disahkan, Empat personel yang ditunjuk mengawaki yakni ;
  1. AKP Natalia Budi Darma (Akpol 1999), saat ini (Mei 2015) beliau berpangkat Kompol dan menjadi Kepala Detasemen B Satuan III Pelopor;
  2. Briptu Syahabudin (Seba 1999), saat ini berpangkat Ipda dan menjadi Kasubsi Idik Seksi Provos Satuan I Gegana;
  3. Bripda Fifin Edi Hermawan (SAG 2004), saat ini berpangkat Brigadir dan masih setia menjadi Ba Progar Seksi Perencanaan Satuan I Gegana;
  4. Bripda Kartiniyati (Seba 2008), Saat ini berpangkat Briptu dan menjadi Ba Progar di Bagian Perencanaan Mako Korbrimob Polri.
Yap...tiga personel sudah hengkang tinggal Admin yang meneruskan perjuangan bersama rekan baru, namun pada akhirnya pindah juga..
  1. Ipda Solikhin (Dasba 6000), saat ini berpangkat AKP dan beliau sedang melaksanakan Tugas Pengawalan Menteri Negara;
  2. Bripka Tri Sursanti (Dasba 6000), saat ini berpangkat IPDA dan beliau menjadi Pamin Detasemen C Gegana;
  3. Brigadir Suroto, saat ini pindah di Polres Boyolali Jawa Tengah;
  4. Briptu Fauziah Nur Afriani, saat ini menjadi Ba Urkeu di Mako Korbrimob Polri menyusul seniornya Briptu Kartini.
Akhirnya dilaksanakan rekrutmen dari Detasemen dan lahirlah Perencana-perencana muda yang handal hehe..:
  1. AKP Ina Rokhmatin, SH (2012-Sekarang)
  2. Penda Siswanti Tri Rosmiwardani, ST (2009-Sekarang)
  3. Ipda Sugeng H (2015) Fresh banget yang ini (Tugas Poso)
  4. Brigadir Slamet Riyadi (2009-Sekarang)
  5. Brigadir Huda (2009-Sekarang)
  6. Brigadir Dadi (2014 - Sekarang)
  7. Briptu Crystel (2010 - Sekarang)
  8. Dan tentunya Admin hehe (2008 -Sekarang)
Kalau ditanya penugasan hmm...Ya jangan ditanya lagi, Wong masuk ke Gegana dari tahun 2000 ganz..dalam negeri setiap pulau besar sudah disinggahi (Gak kalah deh ma Pasukan kalo soal penugasan hehe..) sedangkan luar negeri gabung dengan pasukan perdamaian PBB di el-fasher Sudan. 

Nah..sebenarnya apa saja kegiatan yang dikerjakan di Staf Perencaan, berikut daftar gawean yang terjadwal..tentu masih banyak kerjaan dadakan ataupun yang tidak terjadwal, satu saat bakal kita bahas (tapi entah kapan hehe) :
  1. Menyusun Renbut TAB+1
  2. Menyusun TOR & RAB
  3. Menyusun Rengiat Satuan
  4. Menyusun Rarenja
  5. Menyusun Laporan Bulanan
  6. Laporan Realisasi Anggaran
  7. Laporan PP39
  8. Laporan UKP4
  9. Laporan ULP Korbrimob
10. Laporan SMAP
11. Laporan Monev
12. Update Data Pegawai RKA
13. Laporan RBP Semester I
14. Menyusun LAKIP
15. Menyusun Renstra Revisi
16. Menyusun IKU Revisi
17. Revisi Pagu Minus Pegawai
18. Rakernis Pagu Anggaran
19. Menyusun Laporan Satuan I
20. Wasrik Irwasum Tahap I
21. Menyusun Renja
22. Menyusun Laporan Satuan II
23. Wasrik Irwasum Tahap II
24. Wasrik BPK RI
25. Rakernis Alokasi Anggaran
26. DIPA Satker
27. Rendisgar
28. Menyusun RPD
29. Menyusun Penetapan Kinerja
30. Sosialisasi DIPA
31. Laporan RBP Semester II
32. Laporan RBP Tahunan
33. Rakernis RBP
34. Rakernis Renja Polri
35. Rakernis Renstra Polri
36. Rakernis Penyerapan Anggaran

No comments:

Post a Comment